Featured Post

Tuhan, Maaf, Kami Sedang Sibuk

Terlalu sering sepertinya kita berlarut dalam rutinitas dalam kehidupan dunia yang pelik, ada yang sibuk dengan dunia kerjanya, ada yang sibuk denga…

Tiga Belas Cara Membangun Keluarga Harmonis

Post a comment
Siang tadi, melihat dan mendengar perkataan salah seorang artis tentang dunia pernikahn. Dia mengatakan "pernikahan itu justru membuka peluang masalah baru yang lebih besar". Mendengar hal ini, saya pun sedikit geram dan juga berpikir. Pemikiaran tersebut sejatinya keluar dari orang-orang yang takut dan juga tidak ada niatan untuk menikah. Oleh sebab itu, saya ingin mencoba berbagi terntang tiga belas cara membangun keluarga harmonis.

Memang mengarungi bahtera rumah tangga tidak mudah tetapi juga tidak terlalu sulit. Sebelum memutuskan untuk menikah pun saya yakin, setiap insan benar-benar mempersiapkan fisik juga mental dengan caranya masing-masing. Namun, jangan pernah terbesit dalam pikiran bahwa kehidupan berumah tangga itu sangat menakutkan. Bukankah manusia dibekali akal untuk selalu berpikir? maka gunakanlah hal itu hanya untuk hal yang positif.

Jika Anda memutuskan untuk tidak mengharapkan sebuah pernikahan tersebab melihat contoh pernikahan yang tidak baik, harusnya hal tersebut dijadikan sebuah pembelajaran kepada diri kelak. Bukankah tidak sedikit juga mereka yang menemukan kebahagiaan dengan penuh rasa syukur hingga setiap tahun merayakannya dengan wedding anniversary?.

Jika dalam diri Anda masih teresit segala hal tentang pernikahan adalah menakutkan, maka mulai saat ini ubahlah pikiran tersebut dengan hal yang positif karena menikah adalah ibadah terlama, menikah juga menggenapkan setengah din, juga membulatkan iman. Setelah meyakinkan kepada diri selanjutnya boleh mulai diterapkan tiga belas cara membangun keluarga harmonis berikut ini.
Tiga belas cara


1. Memperkuat hubungan dengan Tuhan (Allah subhanahu wata'ala)

Cara untuk memperkuat hubungan dengan Tuhan bisa dilakukan dengan cara selalu melibatkan-Nyya dalam kehidupan sehari-hari. Tingkatkan kualitas ibadah kepada-Nya dengan solat malam ataupun solat sunah yang lainnya. Atau bisa juga melakukan amal saleh yang lainnya.

2. Saling Menjaga Ibadah

Hal ini perlu dilakukan kepada pasangan, jangan sampai ibadah salah satu pasangan timpang, karena bisa jadi akan menimbulkan riak kecil karena salah satunya merasa paling hebat dan merendahkan yang lainnya.

3. Saling Mencurahkan Perhatian

Memberikan perhatian kepada pasangan memang hal kecil tetapi akan berdampak besar untuk membangun keharmonisam rumah tangga. Seperti saja menanyakan aktivitas pada hari tersebut atau hanya sekedar say hello meanyakan kabar seperti "Sudah makan belum?"

4. Meluangkan Qulity Time Bersama Keluarga

Adanya ketidak harmonisan bisa saja terjadi karena masing-masing selalu sibuk dengan dunianya. Oleh karenanya, mengadakan quality time barang 1 pekan sekali tidak ada salahnya.

5. Bersyukur Kepada Tuhan (Allah Subhanahu wata'ala)

Hal yang serngkali dilupakan adalah bersyukur. Tidak sedikit memandang rumput tetangga lebih hijau atau pasangan orang lain lebih menjadi idaman daripada pasangan sendiri. Jadi bersyukur adalah kunci untuk rumah tangga yang harrmonis.

6. Bersabar Satu Sama Lain

Meski sudah mengenal pasangan, tetapi ada saja hal-hal yang baru dilihat ketika hidup bersama. Lalu ketika melihat ada sikap dan hal yang kurang berkenan maka hal yang harus dilakukan adalah saling bersabar satu sama lain.

7. Maafkan Kesalahan Pasangan

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, jika pasangan melakukan kesalahan jangan berlarut dalam lubang salahnya. Tetapi belajarlah untuk saling memafkan dan berlapang dada.

8. Tidak Mudah Marah

Jangan mudah marah kepada pasangan jika ada kesalahan, justru peluklah pasangan jika ada salah kemudian arahkan kepada hal yang seharusnya.

9. Mengetahui Tugas Menjadi Seorang Suami

Menjadi suami harus tahu apa saja tanggung jawab serta tugasnya. Menjadi seorang kepala keluarga haruslah menjadi panutan bagi anggota keluarganya.

10. Memahami Tugas Seorang Istri

Tidak hanya suami, istri pun adalah wakil dari seorang suami. Oleh sebab itu seorang istri pun harus paham terhadap tugas-tugasnya.

11. Saling Terbuka Kepada Pasangan

Keterbukaan kepada pasangan juga perlu dilakukan karena hal ini dilakukan untuk menghindari perasangka yang tidak-tidak kepada pasangan.

12. Membangun Komunikasi yang Baik

Terkadang, adanya perselisian dalam rumah tangga disebabkan karena adanya miss komunikasi atau komunikasi yang tidak nyambung.

13. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Apa pun yang dilakukan oleh pasangan dan hal itu adalah hal yang positif, sikap saling dukung akan menciptakan kerjasama yang baik antar pasangan.

Mungkin setiap orang akan memiliki cara lain selain tiga belas cara membangun keluarga harmonis di atas. Tulisan ini pun saya buat sebagai warning kepada diri yang juga baru diterapkan bersama pasangan. Semoga bermanfaat.
Fie_07
Hai, namaku cukup singkat. Hanya satu kata Maftuha. Seorang perempuan yang kini menjadi istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq. Aku suka membaca buku tentang motivasi. Nama blogku ini sudah aku jadikan judul buku "This is My Way". Emailku ada di fiiee07@gmail.com. Fighting :)

Related Posts

Post a comment

Follow by Email