Olahan Ayam : Memasak Gulai Ayam Ala Maftuha

Teruntuk para istri atau ibu-ibu, yang sudah berkecimpung di dunia perdapuran untuk menghidangkan makanan bagi keluarga, terkadang suka bingung ngak, sih? Mau masak apa ya, hari ini?. Tetapi, setelah bertanya-tanya dan mikir sekian jam yang dimasak tetap aja itu-itu lagi. Dilema ya, Mak. Beruntung zaman sudah canggih, jadi bisa mencari refrensi masakan lewat internet. Postingan kali ini saya mau berbagi resep gulai ayam ala Maftuha (saya). Resep ini saya dapat dari salah satu laman internet yang kemudian saya modifikasi sendiri maksudnya menggunakan perkiraan sesuai kebutuhan.

Sebelum saya membagikan resepnya, saya ingin bercerita sedikit nih. Sebelum menjadi seorang istri, dunia dapur adalah dunia yang paling jarang tersentuh. Kenapa? Karena dulu sebagai anak rantau yang hidup sebatang kara di kota orang, memasak bukanlah hobi saya. Saya lebih memilih untuk membeli makanan yang sudah siap saji di luaran. Maklum, hobinya nongkrong di tempat makan pula, kala itu. Jadi saat sekarang menjadi seorang istri, saya seringkali melakukan eksperimen di dapur.

Seperti resep gulai ayam yang satu ini. Awal mau membuatnya ragu, takut ayamnya nanti nggak matang terus jadinya dibuang. Kan, mubazir. Tetapi hati kecil berkata lain, saya harus bisa dan harus mau mencobanya. Oh ya, saya dulu punya prinsip “perempuan itu fitrahnya bisa masak, jadi dia akan bisa masak pada waktunya” (hahaha)

Resep gulai ayam


Persiapan Sebelum Memasak Gulai Ayam

Sebelum memasak, langkah awal yang dilakukan pastinya adalah persiapan. Jadi, hal pertama yang harus ada dalam persiapan adalah niat yang kuat. Karena, jika tidak memiliki niat untuk memasak, dijamin masakan itu tidak akan pernah ada. Benar, tidak?. Setelah niat, inilah persiapan yang dilakukan:

1. Pastikan rumah memiliki dapur, ini penting!.

2. Pastikan memiliki alat masak seperti (wajan, spatula, pisau, talenan, dan kawan-kawanya). Ini juga tidak kalah penting!.

3. Kompor satu set (pastikan juga tabung gas masih terisi).

4. Bahan untuk dimasak.

Jika semua persiapan dirasa sudah lengkap dan siap, maka bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

Bahan yang Dibutuhkan Memasak Gulai Ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak gulai ayam ini tidak sulit untuk dicari. Sudah tersedia lengkap di pasar tradisioanl maupun modern. Berikut adalah bahan-bahannya:

- Daging Ayam yang sudah dipotong (saya pakai 3 potong bagian dada)
- 1 buah jeruk nipis
- 1 batang serai (geprek)
- 2 lembar duan salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 saset santan encer (saya pakai yang bubuk, jadi tinggal tambah air secukupnya)
- 1 bungkus santan kental (saya pakai yang siap saji)
- Air matang secukupnya (kira-kira aja, ya!)
- Garam dan kaldu bubuk

Selain bahan-bahan di atas, ada pula bahan lain yang dijadikan sebagai bumbu halus yang biasanya digunakan untuk menumis. Berikut bahannya:

- 3 butir bawang merah
- 1-2 butir bawang putih
- 3 buah kemiri sangrai
- 3 cm lengkuas muda
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 1 sdm ketumbar (saya pakai yang bubuk)
- 1 sdt lada (saya pakai yang bubuk)
- 5 buah cabai rawit (ini bisa sesuai selera)
- 5 buah cabai merah keriting (ini juga bisa sesuai selera)

Proses memasak

Setelah semua bahan-bahan sudah lengkap dan tersedia, maka langkah selanjutnya adalah eksekusi bahan-bahan tadi. Berikut step by stepnya:

- Cuci bersih daging ayam kemudian lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit.

- Selagi daging ayam didiamkan, haluskan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih (semua bumbu yang tertera dalam bumbu halus).

- Siapkan wajan, beri minyak sedikit untuk menumis. Masukkan bumbu halus ketika minyak sudah panas. Masukkan pula daun salam, daun jeruk dan juga serai. Aduk sampai harum dan sedikit berubah warna.

- Masukkan daging ayam aduk rata hingga berubah warna, tambahkan garam dan kaldu.

- Masukkan santan encer dan air, masak dengan api sedang sampai daging terasa empuk

- Setelah kuah menyusut dan daging ayam empuk, masukkan santan kental. Masak sambil terus diaduk hingga santan mendidih dan bumbu meresap.

- Matikan kompor, gulai ayam siap dihidangkan.

Itulah resep untuk memasak gulai ayam ala maftuha. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

6 komentar

  1. Pengalam kita sama bgt ya mak, ga pernah masak, hidup ngekost, begitu nikah harus berurusan dgn dapur. Saya sering cari cari resep di lapak tetangga macam tulisan ini. Baca baca bumbunya apa aja trus praktekkin. Lama lama terbiasa jd ratu dapur cyiin...🥰🥰🥰

    ReplyDelete
  2. Sama Mbak, sebelum nikah saya juga jarang masuk dapur. Kebanyakan, tentang masak-memasak saya pelajari setelah nikah :)

    ReplyDelete
  3. Biasanya kalau masak gulai kambing atau gulai sapi. Ternyata ayam juga bisa dimasak gulai.

    Tahap persiapan penting ya mom...utamanya niat...kalau ga niat, bisa - bisa ayamnya berubah menjadi ayam goreng. hehe

    Memang niat menjadi hal penting dalam mrmasak karena harus diikuti aktivitas lain kemudian, seperti mencuci perlengkapan yang digunakan untuk memasak.

    ReplyDelete
  4. Jangankan yang udah jadi istri dan ibu, saya yang lajang aja sering bingung menentukan menu masakan. Sering mati kutu. 🤭 Alias mati gaya. 🤔

    Belum pernah masak gulai ayam. Padahal doyan makannya. Makasih resepnya lho, Mbak. 🥰

    ReplyDelete
  5. Skill masak itu bukan hanya milik perempuan aja sih, laki2 pun harus bisa masak karena itu skill untuk bertahan hidup, cuman karena sudah menikah ya sebaiknya perempuan bisa masak, gulai ayam di rumah kami jadi favorit mba apalagi kalau makannya pake lalapan daun singkong dan sambal, maknyus

    ReplyDelete