Tantangan Pekan 1

14 comments

Kali ini, dari kelas ODOP Lanjutan kelas non fiksi aku mendapatkan tantangan untuk membuat niche apa yang akan aku pilih di blog. Tantangan ini tentunya ada setelah kita mendapatklan materi.
Jujur, aku masih belum paham benar apa itu niche blog. Katanya kalau diartikan ini semacam tema atu topik yang akan menjadi fokus utama blogger dalam menyajikan konten. Benar sekali apa yng dikatakan ka Dymar dalam materi ini. Pengguna blog seringkali menyampingkan hal ini. Itu juga berlaku kepada saya. Aku yang masih blank dengan duni blogger benar-benar menyampingkan hal itu.
Meski kata blog aku adalah penggunanya sejak tahun 2016 akhir. Tapi aku tak mengerti betul apa manfaat dan gunanya. Bahkan katanya dari blog ini aku bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Waaahhh keren ternyata.
Awalnya, aku memang menggunakan blog sebagai catatan pribadiku, blogku juga dibuat oleh seorang adik tingkatku waktu aku masih di Bandung sana. Dulu, aku menulis dengan jarak waktu beberapa bulan sekali saja. Karena, aku sibuk bekerja waktu itu (alasan!). Sampai pada akhirnya, aku mulai jenuh dengan pekerjaanku. Tahun 2018 aku agak sering membuka blog. Tapi tetap tidak setiap hari. Hingga akhirnya, di penghujung tahun 2019 aku menemukan komunitas menulis bernama ODOP.  Aku harus nulis setiap hari di blog selama dua bulan lamanya dan aku lulus (yeeaaayyyy). Dan dari situ juga aku mulai iseng ikut lomba-lomba kepenulisan. Ya meski sering kalah. Tapi tak mengapa. Namanya juga latihan.
Sebelumnya aku diberi tantangan untuk melihat tulisanku masuk kedalam kelas fiksi atau non fiksi. Sejujurnya aku lebih sering membaca buku-buku non fiksi. Tapi aku juga terkadang suka berpuitis. Jadi kuputuskan kala itu aku ingin mencoba keudanya meski lebih condong ke non fiksi sepertinya.
Terkait niche yang menjadi tantangan pekan ini, aku ingin menghiasi blogku dengan kata-kata motivasi. Aku memilih niche tentang motivasi. Karena aku adalah orang yang selalu butuh akan motivasi-motivasi dalam hidup. Dan aku juga ingin membagikan itu kepada semuanya.  Setidaknya aku ingin sedikit membantu mereka-mereka yang merasa hidupnya adalah yang paling menderita di dunia ini. Padahal masih banyak puluhan orang di sana yang hidupnya jauh lebih banyak masalah dari apa yang dia hadapi. Melewati tulisan-tulisanku yang masih dalam tahap belajar ini, aku ingin mencobanya.

Menebar manfaat tidak harus dengan uang yang kita punya. Kita bisa menebar manfaat dari apapun yang kita miliki. Contoh kecilnya kalau ku pribadi melalui tulisan.
Setidaknya, aku mewujudkan cita-citaku yang terhenti untuk menjadi seorang motivator. Meski bukan menjadi motivator beneran masih abal-abal. Tapi, dari buku-buku fiksi yang pernah aku baca, aku ikut merasakan motovasinya.
Jika kita menuliskannya dengan hati yang tulus dan hanya mengharap manfaat. Aku yakin, sebuah pesan juga akan bisa tersampaikan dengan sasaran yang tepat kepada pembacanya. Menulis dengan hati, menulis dengan ikhlas dan menulis untuk menebar manfaat.
Teman-teman ODOPku bantu aku mewujudkan itu semua. Karena aku belum bisa se expert kalian. Ngulik blog aja aku masih keder. Boro-boro nargetin bisa berpenghasilan dari blog. Tapi seiring berjalannya waktu, aku yakin rizki itu akan datang dan mengalir. Apalagi target dari kelas lanjutan ini untuk optimalisasi penggunaan blog. ODOP terimakasih sudah memberikan wadah yang begitu manfaat. Dan tak lupa, itu semu pasti atas kehendakNya.
Salam literasi J

Fie_07
Hai, namaku cukup singkat. Hanya satu kata Maftuha. Seorang perempuan yang kini menjadi istri dari laki-laki bernama Muhidin Sidiq. Aku suka membaca buku tentang motivasi. Nama blogku ini sudah aku jadikan judul buku "This is My Way". Emailku ada di fiiee07@gmail.com. Fighting :)

Related Posts

14 comments

  1. Sama mbak. Saya juga belum menemukan niche blog saya. Saya baru buat blog karena ikutan odop. To alhamdulillah dipertemukan dg odop. Bismillah, terus belajar dan belajar saya. Yuk, saling support ya mbak 🤗🤗🤗

    ReplyDelete
  2. Tetap menulis walau belum ada niche ya dek.. aku jg masih bimbang nih.

    ReplyDelete
  3. Iya kak hehe... Saling support semuanyaaa senang bisa kenal kakak2 semua 😗

    ReplyDelete
  4. Bagus lho fikus di motivasi, banyak yang suka.. Congrats!

    ReplyDelete
  5. Tetap menulis dan berkarya ya mba..siapa tau tulisannya benar2 bisa memotivasi para pembacanya 😍

    ReplyDelete
  6. Makasih kakak sekalian... Lope lope. Berkarya bersama :D

    ReplyDelete
  7. Semangaaatt kak. Ditunggu tulisan-tulisannya selalu.
    BTW font blognya lucuuu ❤️

    ReplyDelete
  8. Semangat terus menulis, itu yang terpenting. Nantinya akan menemukan jalan untuk karakter blog yang diinginkan.

    ReplyDelete
  9. Sama, aku juga baru mengenal blog 😊

    ReplyDelete

Post a comment

Follow by Email